Selasa, 07 Juni 2016

CARA SUPAYA KOMPUTER TIDAK MUDAH RUSAK



TIPS MERAWAT & MEJAGA KOMPUTER AGAR TIDAK MUDAH RUSAK  

Assalamualaikum Wr Wb.
     Pagi semuanya, kali ini saya akan memposting tentang cara bagaimana merawat komputer supaya tidak mudah rusak, hal yang perlu di lakukan memang cukup sederhana tapi ika benar-benar di lakukan manfaatnya akan terasa kesehatan komuter kita, maka dari itu kenapa tidak kita coba tips-tips sederhana ini pada komputer supaya tidak mudah sakit. Langsung saja ya berikut ini adalah beberapa cara/tips agar komputer kita tidak mudah rusak , di antaranya :
1. Selalu msempatkan waktu untuk membersihkan CPU Komputer
Jika  komputer kita ingin selalu awet, maka kita harus rajin-rajin untuk membersihkan PC computer secara  teratur, minimal kurang lebih selama 6 bulan sekali. Ini karena jika CPU kita tidak bersih, kotoran debu yang ada di  CPU semakin hari akan semakin banyak  serta bisa beresiko pada rusaknya temperatur atau suhu komputer kita. caranya pertama-tama kita buka casing PC lalu bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral dan yang lainnya. Pembersihan bisa pakai sikat halus. Lakukan hal ini  terus sepanjang enam bulan. sekali.
2.Dilarang keras/ Jangan Menggunakan Internet saat  Hujan Lebat
Pada dasarnya koneksi internet sangat memiliki pengaruh terhadap cuaca. Yang di takutkan adalah  jika kita menggunakan internet kepada Komputer kita saat hujan, karena bisa mengakibatkan jaringan Komputer akan tersambar petir serta ini bakal beresiko pada komputer kita nanti. Karena sudah dapt di pastiki hal seperti ini sangatlah beresiko.
3. Di harapkan selalu mengaktifkan Sistem Restore Komputer
Aktifkan sistem restore juga memiliki pengaruh untuk komputer kita supaya tidak mudah rusak. Caranya dengan click kanan pada icon my desktop computer, lalu click properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, Lalu hilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.
4. Matikan Computer Sesuai Ketentuan   
Jangan pernah sekali-kali mematikan computer lewat cara yg tidak seharusnya seperti langsung mencabut kontak listrik pada computer. Teraturlah saat hendak mematikan computer dengan memakai shutdown. gunakanlah stavolt untuk menghindari mati listrik mendadak. Atau jiak kita terlalu lama memakai compute restart lah terlebih dulu, supaya semus sistem computer kembali normal. Umumnya bila terlalu lama digunakan sistem pada komputer akan mudah melemah.
5. Uninstal Program Yang Kurang Bermanfaat/Jarang Dipakai
Ruangan hardisk yang terlalu banyak terpakai akan memperlambat sistem read/write hardisk sampai beban kerjanya akan lebih berat sampai harddisk akan mudah rusak.  Lama-lama akan terlihat warning juga space hardisk kita sudah penuh.
6. Jangan Menyimpan Benda berat di atas komputer     
Karena hal ini bisa membuat LCD laptop menjadi rusak. Sinyal tanda rusaknya LCD awalannya dari timbulnya garis-garis seperti pada tv sampai apabila LCD telah rusak kronis jadi bakal mati keseluruhan. Jadi cermati laptop anda apakah saat ini terhimpit satu barang yang berat.
Nah mungkin hanya itu yang bisa saya posting pada kesempatan kali ini , semoga bermanfaat ya .
Wassalamualikum Wr Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar