Minggu, 05 Juni 2016

KEYBOARD



TENTANG KEYBOARD


    Pada dasarnya penciptaan keyboard adalah karena penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Chirtopher Latham Sholes (1819-1890) pada tahun 1868 dan banyak di pasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington.
     Keyboard merupakan papan tombol yan terdiri dari tombol-tombol untuk mengetik huruf, angka, dan simbol-simbol khusus, bentuk dari keyboard umumnya persegi panjang, tapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Apa yang kita ketik di keyboard hasilnya bisa terlihat di layar monitor. Setiap keyboard umumnya mempunyai 104 tombol yang terdiri dari huruf A-Z, tombol angka 0-9, tombol-tombol simbol seperti ~ @ # $ 5 6 7 * ( ) _ +  - = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | [ ] { ] , dan tombol-tombol khusus lainnya.
Adapun tombol-tombol khusus yang di miliki oleh keyboard di antara lain adalah :
·         Tombol Enter
Tombol enter merupakan tombol yang di gunakan untuk memastikan sebuah perintah. Sedangkan dalam microsoft word tombol ini di gunakan untuk memulai alinea (paragraf) baru.
·         Tombol Esc (escape)
Tombol esc (Escape) memiliki fungsi untuk membatalkan perintah, jika kita menekan tombol esc sebelum kita menekan tombol enter, maka komputer akan batal meneruskan perintah tersebut.
·         Tombol Backspace
Backspace di pergunakan untuk menggunakan kursor ke kiri, sekaligus menghapus huruf di sebelah kiri kursor.
·         Tombol Panah
Tombo panah terdiri atas empat tombol yaitu tombol panah ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan. Fungsinya untuk menggeserkan kursor atau objek yang di pilih sesuai dengan arah panah.
·         Tombol Penyunting
Tombol ini merupakan tombol-tombol khusus yang di pergunakan untuk menyunting dokumen, seperti untuk menyisipkan (insert), menghapus (delete), dsb.
·         Tombol Fungsi
Tombol fungsi terdiri atas tombol F1 sampai dengan F2, fungsi dari tombol-tombol itu tergantung pada program apa yang sedang di jalankan.
·         Tombol CTRL (Control)
Tombol CTRL memiliki kegunaan untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu pada program komputer, tombol ini umumnya di gunakan bersamaan dengan tombol hutruf.
·         Tombol Shift
Jika kita menekan tobol shift sambil menekan hutruf-huruf kecil (a-z) maka huruf-huruf kecil tersebut akan berubah menjadi huruf-huruf besar (A-Z). Tombol shift juga memiliki fungsi untuk mengubah penulisan angka menjadi simbol khusus. Midsalnya angka satu (1) berubah menjadi simbol tanda seru.
·         Tombol Caps Lock
Tombol ini berguna untuk mengunci pengetikan pada huruf besar. Dengan menekan tombol ini, kita tidak perlu menkan tombol shift terus menerus pada saat mengetik kata ataupun kalimat yang memakai huruf besar.
·         Tombol spasi (Space Bar)
Tombol yang emiliki ukuran yang panjang ini berguan untuk membuat jarak antar huruf atau karakter pada saat kita mengetik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar