Sabtu, 05 Maret 2016

JENIS-JENIS RANCANGAN WEBSITE (Produktif)



*    JENIS-JENIS RANCANGAN WEBSITE       
          Website adalah suatu halaman pekarangan atau bangunan media informasi yang di sediakan melalui jalurinternet sehngga bisa di akses di seluruh duniaselama itu terkoneksi dengan jaringan internet.
          Secara garis besar website bisa di kategorikan menjadi 3 macam, di antara nya adalah :
~ Website statis
~ website dinamis
~ Website interaktif
Ø  Pengertian Dan Penjelasan Jenis-Jenis Web
1.          Website Statis
   Website statis merupakan sebuah jenis website yang kta tidak bisa merubah konten nya dengan menggunakan browser melainkan harus menggunakan software desain web (desain web:seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan yang bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanik dari suatu operasi jenis web dengan tujuan utama terpusat pada look dan feeldari sebuah situs web ).
     Web satis merupakan website yang beriai tentang kode-kode algoritma (Sebagian besar).Kode-kode yang meliputi  algoritma, contohnya seperti:
-          PHP (Personal Home Page)
-          ASP (Active Server Pages)
-          HTML (Hyper Teks Markup Langue)
-          CSS (Cascading Style Sheet)
    Web statis ini menggunakan bahasa Java Script. Web ini biasanya di gunakan oleh perusaha’an-perusaha’an ataupun pemerintahan-pemerintahan.
Contoh Website statis yang di gunakan oleh perusaha’an-perusaha’an
-          www.mnc.co.id
-          www.detik.com
Contoh Website statis yang di gunakan oleh pemerintahan-pemerintahan :
-          www.pin.co.id
-          www.ditjenpajak.com
2.       Website dinamis
      Website dinamis merupakan web yang bisa merubah konten antar pengguna dengan menggunakan browser, interaksi yng terjadi antara pengguna dengan server, lalu untuk di tampilkan di browser dengan mnggunakan client side script.
        Jenis web dinamis lebih banyak jika di bandingkan dengan web statis, diantara nya adalah :

a.       Basic
       Basic merupakan jenis web dinamis yang di gunakan secara fokusnya oleh situs untuk publikasi informasi.
Contoh : www.pertamina.com , dimulai dari :
-           Profil pribadi
-          Profil kompeni
-          Profil sekolah
b.      Search engine
    Search engine merupakan situs yang menyediakan mesin pencari. Yang secara otomatis langsung menyimpan data-data situs yang beredar atau yang di publikasikan di internet. Jadi segala sesuatu atau hal yang di inginkan maupun hal yang tidak di ketahui oleh kita bisa di cari di search engine.
      Contoh search engine diantaranya adalah :
-          Google
-          MNS
-          ASK
-          Yahoo
-          Amazon, dsb.
c.       Fortal
    Fortal merupakan pitu gerbang bagi situs lain, setara atau sama hal nya dengan search engine.
      Kelebihan fortal di banding denga search engine salah satunya adalah situs-situs di portal itu di susun dengan lebih rapi unuk di sajikan atau di publikasikan ke khalayak.
     Portal di olah secara ditionera (sesuai bahasa). Dan juga menyediakan layanan internet lain seperti email bagi member lain.
    Contoh dari fortal diantaranya adalah :
-          Yahoo
-          Twitter
-          Facebook
d.      Blog
    Blog  merupakan singkatan dari Web Log, yaitu bentuk aplikasi web yang yang berbentuk tulisan-tulisan yang di muat sebagai posting pada sebuah halaman web.
Sekilas Sejarah blog
         Media blog pertama kali di populerkan oleh Bloger.com yang dimiliki oleh perusaha’an yang bernama Pyra Labs, sebelum akhirnya di akui sisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam mulai dari untuk sebuah catatan harian , media publikasi , sampai dengan program media dan perusaha’an .
      Blog merupakan jenis buku harian yang terpublikasi di internet. Seorang pengolah blog dapat dengan bebas mengungkapkan pikirannya dalam membuat tulisan atau mempostingkan tulisan melalui website ini. Sehingga tulisan yang di upload  (di unggah)  akan tersimpan. Jadi fungsional fokus atau fokus utama dari blog adalah sebagai menejerial artikel.
   Lalu ada dua blog yang terbagi menjadi dua macam yaitu :
1.       Blog yang interaktif  &
2.       Blog non interaktif
       Blog yang interaktif maksud nya mempunyai fasilitas interaksi denga para pengunjung nya seperti menggunakan buku tamu & kolom komentar yang dapat di isi oleh siapapun . Blob bisa di tulis oleh penulis tunggal dna di tulis oleh beberapa orang .
       Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesama’an tertentu, sperti kesama’an asal daerah, kesama’an kampus , kesama’an hobi dsb .
        Dari Blog kita juga bisa mendapatkan keuntungan lain berupa penghasilan, jika blog yang kita unggah sudah banyak pengunjung nya sehingga mengundang minat perusaha’an untuk memasang iklan di blog kita tersebut, bisa di bilang  blog merupakan tabungan masa depan yang menguntungkan jika kita pintar-pintar mengolah blog yang kita buat. Unggah sesering mungkin berbagai tips yang bermanfa’at atau info possitif yang sekira nya bisa menarik minat para netizer untuk membaca postingan di blog kita . Selain menjadi peluang pendapatan yang cukup menguntungkan, di blog kita juga kan bisa berbagi ilmu atau cerita kepada orang lain, jadi bisa mendapat pahala juga selama kita memposting sesuatu yang baik dengan ikhlas, sangat menguntungkan bukan jika kita memiliki blog yang di manfa’at kan dengan sebaik-baik nya mungkin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar