Minggu, 06 Maret 2016

Tentang Web 2.0 (Produktif)



      PENGERTIAN WEB  2.0
    Melanjutkan tentang pengertian web kemarin. Web  petama yaitu bernama Web, dan web terbaru sekarang bernama web 2.0.
        Web 2.0 adalah website yang mendapatkan value dari aksi aktivitas kegiatan user nya sendiri, terjadi interaksi antara user dengan website nya.
         Contoh aksi user bisa kita jumpai di Website Wikipedia, Ensiklopedia yang di tulis dan di edit oleh usernya. Youtobe, Video sharing berdasarkan kiriman user, flickr.
Sekilas seejarah Web 2.0
      Pada tahun 2003 Web 2.0 dipelopori oleh O’Reilly Media, kemudian sekitar tahun 2004, web 2.0 mulai dikembangkan dengan menyatukan teknologi-teknologi gabungan dari HTML, XML, CSS, JavaScript, dan AJAX. HTML dan CSS digunakan untuk mempercantik tampilan web. XML digunakan untuk mendefinisikan format suatu data. JavaScript digunakan untuk membuat tampilan yang dinamis. Dan AJAX digunakan untuk menggabungkan XML dan JavaScript yang menekankan pada pengelolaan konten.
       Berikut ciri-ciri website 2.0 :
1.       Menggunakan internet sebagai platform (wadah) aplikasi, aplikasi-aplikasi yang di jalankan bisa langsung di atas browser dan bukan di atas satu sistem operasi tertentu.
2.       Web 2.0 bersifat unik karena di kerjakan oleh banyak orang supaya interaksi nya lebih maksimal, contohnya seperti para pengguna facebook yang sudah mencapai 70.000 sampai 85.000 perharinya.
3.       Kekuasa’an aplikasi web 2.0 terletak pada data.
4.       Web 2.0 selalu update terus menerus karena sifatnya yang bukan lagi sebagai produk tapi sudah menjadi layanan. Untuk menyeimbangkan kecepatan data contohnya seperti Mozila Firefox versi new 36.
5.       Web 2.0 menggunakan teknik-teknik pemograman yang ringan contohnya seperti AJAX (Ashychronous Javascript and XML ) dan RSS.
6.       Web 2.0 bisa berjalan secara terinnteregasi melalui berbagai device (perangkat) contohnya seperti opera mini, Google, dll.
7.       Memiliki user (tampilan ) interpace yang kaya meskipun berjalan di dalam browser, ini berkat AJAX. User ini sendiri merupakan tampilan antar muka, contohnya seperti tampilan di facebok, tema bacground di blog. Ini juga berfungsi sebagai alat interaksi pemikat orang-orang yang berkunjung.
8.       Web 2.0 ini rata-rata menggunakan teknologi AJAX, XML, RSS, CSS, dan Server Side Scripting (PHP, ASP, dan  JSP, ).
Berikut adalah pengertian dari teknologi web 2.0 :
·         XML (Extensible Markup Language)
      XML dapat di kembangkan oleh usernya sendiri yang mengambil .
Keguna’an XML sendiri adalah sebagai media pembawa data atau informasi, yang tidak melibatkan akses data base untuk bertukar nformasi, sa’at ini pengguna XML lebih banyak untuk mendukung RSS, berbagi konten antar website.

·         CSS (Cancading Style Sheet)
     Adalah suatu kode untuk mendeskripsikan bagaimana menampilkan suatu elemen HTML . Dsain dan konten bisa di pisahkan melalui CSS ini . Ini sangat cenderung berubah-ubah, dan dengan CSS kita mudah untuk mengganti desain.
    Berikut adalah keunggulan dari CSS yang di antara nya :
-          File lebih kecil
-          Load file cepat
-          Menghemat pekerja’an dimana kita hanya butuh satu file untuk mmengkontrol semua tmpilan desain.
-          Maintance mudah (Perbaikan kode-kode lebih mudah)
·         RSS (Really Simple Syndication)
      Adalah metode dalam berbagai konten website dari suatu website ke banyak website lain. Fungsi dari RSS salah satunya adalah untuk memperbaharui isi website.
·         AJAX (Asynchronous Javascript and XML)
    Adalah suatu teknik pemograman berbasis web, yang berguna untuk menciptakan suatu web yang lebih interaktif dan responsip. Ini di peroleh dengan melakukan pertukaran data server secara “balik layar”.
    Berikut adalah manfa’at dari AJAX yang di antara nya :
-          Menghemat pengguna’an badwidth (jaringan elektromagnetik yang di kelola oleh server)
-          Load halaman lebih cepat
-          Aplikasi nya hampir sama seperti aplikasi yan ada di deskop.
Sedangkan keunggulan AJAX diantaranya adalah :
-          Tanpa reload halaman, karena pertukaran data di belakang layar
-          Kecepatan transper data antara client ke server lebih rigan karena hanya data saja ynag di perlukan.Rata-rata AJAX dapat di aplikasikan dalam polidasi data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar