Kamis, 28 April 2016

Bahasa Pemograman Web (Bagian Pertama)



 BAHASA PEMOGRAMAN WEB
Ø Bagian Pertama


            Jika kita berbicara tentang bahasa pemograman web, pasti tidak akan lepas dari yang namanya bahasa algoritma, karena memang sebenarnya asal mula bahasa untuk pemograman web adalah dari ilmu matematika, dan sebagian besar perumusnya pun adalah seorang matematikawan. Jenis-jenis dari bahasa pemograman web sangatlah banyak bahkan lebih dari 10 macam bahasa, diantaranya yaitu :
1.    HTML [HYPER Text Markup Langue]
     HTML adalah sebuah bahasa pemograman markup yang di pergunakan untuk berbagai macam fungs seperti untuk mengedit tampilan (bacground) dari suatu web menjadi lebih menarik, juga untuk membuat sebuah halaman pada web dan untuk menampilkan atau memaparkan berbagai macam informasi dalam sebuah browser internet. Jika di ibaratkan seperti baju yang harus selalu di ganti setiap harinya, begitupun juga dengan HTML yang bisa saja diganti setiap saatnya. HTML juga merupakan bahasa pemograman dasar yang harus di pelajari dan di mengerti oleh seorang web programer.
2.    PHP [Personal Home Page]
     PHP merupakan bahasa pemograman web yang awal mulanya di rumuskan oleh seorang ilmuwan matematikawan berkembangsaan Belanda yang bernama Rasmus Lerdorf pada tahun 1995.
     Jika di bandingkandenganHTML, PHP bisa di sebut lebih unggul k     arena ini merupakan bahasa pemograman yang di mana kita bisa mengatur web dengan sesuka hati,sehingga di PHP Ini kita bisa melakukan proses timbal balik antara user dengan server (seperti simbiosis mutualisme) seperti melalui sebuah comment yang tercantum di bawah postingan web.
     Jika di lihat dari sejarahnya, sebenarnya awal mulannya PHP bernama FI (Form Interprented) yaitu sekumpulan script yang di pergunakan untuk mengolah data form dalam web browser, nama ini masih di pakai sampai akhirnya melalui beberapa perkembangan dan akhirnya menjadi PHP.
3.    ASP (Active Server Pages)
     Ini merupakan salah satu bahasa pemograman yang di pergunakan untuk menghasilkan web yang dinamis. ASP ini merupakan bahasa pemograman yang di sediakan oleh perusaha’an yang bernama Microsoft Corporation. Ini juga merupakan server yang pekerjaannya/di kerjakannya pada Side Scripting.
4.    XML (Extensible Markup Langue)
     Adalah bahasa markup serbaguna (multi fungsi) yang di rekomendasikan oleh W3C (Word,Wide,Web Corporation) untuk mendeskripsikan berbagai jenis data. Ini juga merupakan bahasa pemograman yang juga menggunakan markup tage jadi sama halnya dengan HTML.
    Nah mungkin hanya itu yang bisa saya posting untuk kali ini , mengenai jenis bahasa pemograman lainnya insya Allah saya akan bahas di postingan selanjutnya , jadi maaf bila ada yang merasa belum puas , dan semoga postingan saya kali ini bermanfaat ya . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar