Sabtu, 02 April 2016

Jenis-Jenis Kabel pada kamera dan cara penataannya yang baik dan benar



MENATA KABEL-KABEL KAMERA 

       Saat kita mengoprasikan sebuah kamera video,  disitu kita  akan mendapati beberapa kabel yang memiliki fungsi sebagai penunjang yang mengoperasikan si kamera tersebut. Dan untuk melakukan penataan kabel-kabel tersebut, memang tidak terlalu sulit untuk mentanya namun, supaya proses pengambilan gambar maupun video berjalan baik, kabel-kabel tersebut harus diperlakukan dan dijaga dengan benar dan baik. Saat memasang dan menempatkan letak kabel itu harus di tempat yang benar dan tidak pasti mengganggu proses berjalannya pengambilan gambar. Kalau hal ini tidak dilakukan maka akan berakibat fatal, baik untuk kru ataupun juga kepada proses pengambilan gambar itu sendiri, seerti masalah terlilit kabel atau tidak terekamnya suara/audio.
v Jenis-Jenis Kabel Kamera
    Salah satu penyebab kita kadang salah memasang kabel adalah karena kita kurang mengenal jenis maupun fungsi dari kabel tersebut maka dari itu kita terlebih dahulu perlu mengenal dan memahami jenis sekaligus fungsi dari kabel. Jenis kabel  dalam pengoprasian sebuah kamera itu bermacam-macam maka dari itu disini saya akan membahas kurang lebih tentang jenis dan fungsinya masing-masing , diantaranya adalah :
1.     Kabel Audio
    Kabel ini berfungsi sebagai kabel yang menyambungkan kamera dengan speaker ekternal, supaya audio dan hasil dari rekaman kamera tersebut bisa di dengar melalui speaker ekternal.
2.     Kabel video
    Fungsi dari kabel ini adalah untuk menghubungkan kamera dengan monitor, ini supaya gambar yang masuk pada kamera dapat ditampilkan dan terlihat melalui layar monitor atau televisi.
3.     Kabel DV
    Kabel ini memiliki fungsi sebagai penghubung kamera dengan perangkat komputer, memindahkan (mentransfer) data gambar dari kaset di kamera kedalam format file pada komputer.
4.     Kabel Rol
    Kabel ini meruoakan kabel panjang yang digulung pada saat tidak di gunakan, namun bisa di ulur maupun ditarik tergantung dengan ukuran panjang yang diperlukan. Fungsi dari kabel ini sendiri adalah sebagai penyambung antara kabel-kabel power lainnya seperti ‘ kabel DC, Kabel lighting, kabel charge baterai’ , dengan sakelar listrik. Kabel ini sering digunakan jika kabel utama kurang panjang sehingga tidak sampai pada sakelar listrik.
5.     Kabel Charge Baterai
    Kabel yang berfungsi sebagai penyambung adaptor charge baterai pada aliran listrik ini tidak berhubungan langsung dnegan kamera melainkan hanya digunakan pada saat sedang melakukan pengisian(recharge).
6.     Kabel power DC
    Memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik dan sakelar listrik ke kamera. Kabel ini digunakan sebagai pengahasil tenaga mengantikan baterai untuk mengoperasikan kamera supaya tetap jalan.
7.     Kabel Lighting / Lampu
    Kabel ini merupakan bagian dari pencahayaan sebagai perantara yang menghubungkan antara lampu dengan sumber listrik, kabel ini juga salah satu kabel yang tidak langsung berhubungan dengan kamera.

         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar