Sabtu, 02 April 2016

Pengertian multimedia dan menurut para ahli



PENGERTIAN MULTIMEDIA

Etimologi Multimedia                                                    
      Multimedia berasal dari kata Multi dan Media, yang artinya Banyak(Multi) dan media dalam bentuk jamaknya berati medium. Jadi pada dasarnya multimedia berati banyak media.                
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Multimedia                                  memiliki dua arti yaitu:
o   Arti yang pertama yaitu Berbagai jenis sarana
o   Adalah penyedianaan informasi pada komputer yang menggunakan suara,grafika,animasi, dan teks.
            Multimedia menurut para ahli     
·         Suyanto dari Haff Statter;2003.21
        mengatakan bahwa multimedia merupakan sebuah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan berbagai jenis image dan objek seperti teks,audio,grafik,video dan animasi (semacam gambar bergerak), dengan menggabungkan Link dan Tool sehingga memungkinkan pemakainya untuk melakukan navigasi,berkreasi,berinteraksi maupun juga berkomunikasi.
·         Robet Webking;2001 www.alltheweb.com
      Menurutnya multimedia secara etimologi dapat diartikan sebagai multi(banyak) dan medium(peranta media). Di bidang informasi, multimedia mempunyai arti “persekutuan media’’ diantara sumber maupun pemasukan informasi atau ‘’persekutuan alat’’ di tempat informasi di simpan, di transformasikan, di presentasikan, maupun juga di terima.
·         Rosch;1996
      Multimedia merupakan kombinasi dari komputer dan video .
·         Mc. Comick;1996
      Multimedia adalah kombinasi dri tiga elemen yaitu suara,gambar,dan teks.
·         Turban,akd;2006
      Menurut Turban multimedia itu adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini berupa audio (suara,musik) animasi, video, teks, grafik, dan gambar.
·         Linda & Rubin;2001
       Multimedia merupakan sebuah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis juga interaksi yang berpaduan dengan teks, grafik, animasi, video, juga audio.

        Jadi dari beberapa arti multimedia di atas , bisa di simpulkan bahwa multimedia adalah sebuah aplikasi khusus yang di olah dengan komputer, di tujukan untuk memberi informasi kepada usernya(para penggunanya) yang di bentuk kedalam suatu format compact disk (CD) media ini merupakan sebuah fasilitas penyampaian informasi yang di dalamnya tedapat penyatuan berbagai tampilan yang terdiri dari teks, grafis, animasi 2D/3D, audio (narasi, sound effect), video maupun juga interaktif media ini dapat di pantau melalui sebuah aplikasi pemantauan dalam bentuk navigasi, dengan maksud ingin memberikan kemudahan kepada para user dalam mencari informasi yang di perlukan, baik secara tersusun berurutan , maupun secara acaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar