Selasa, 12 April 2016

Jenis-Jenis Foto Beserta Contohnya



 JENIS-JENIS FOTO BESERTA CONTOHNYA 
   Assalamualaikum wr wb
       Kali ini saya ingin berbagi tentang jenis-jenis foto, sebelumnya kita hrus tahu terlebih dahulu tentang definisi dari foto. Foto adalah ungkapan bahasa gambar/visual seseorang. Dimana perlu kita ketahui bahwasanya foto yang suka kita lihat kadang sebenarnya memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda tergantung dimana seorang fotografer menaruh titik pusatnya disitulah kita tahu apa jenis foto tersebut , apakah lebih spesifik foto manusia, nature ataukah arsitektur. Menurut saya sendiri pembagian jenis-jenis foto ini bertujuan untuk bagaimana kita menilai hasil dari potretan , bila kita sudah bisa menilai sebuah karya potret sependapat dengan si fotografernya maupun juga dengan orang lain itu berarti seorang fotografer tersebut telah berhasil menciptakan sebuah karya foto , maka dari itu saat melakuka pemotretan kita harus bisa serius dalam seluruh persiapannya, apa yang akan kita foto , mana yang akan mejadi pusat nya , juga apa tujuan dari pemotretan tersebut  , dan semua itu di haruskan bisa di sampaikan oleh seorang fotografer kepada para penikmat seni maupun orang awam seni melalui hasil karya potretnya.
    Langsung saja berikut ini merupakan penjelasan tentang jenis-jenis foto, diantaranya adalah :
v Foto Manusia
       Foto manusia merupakan jenis foto yang mempusatkan atau menjadikan manusia sebagai objek utama dari sebuah foto . foto manusia sendiri dibagi menjadi beberapa bagian di antaranya adalah :
1.       Fortrait, yaitu foto yang memperlihatkan ekspresi karakter/watak seorang manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Disini sebuah foto memperlihatkan kondisi/keadaan yang apa adanya tanpa di buat-buat.
2.       Stage Photograf , jenis foto ini meruakan foto yang menampilkan aktivitas /gaya hidup manusia yang juga termasuk bagian dari budaya dan entertaiment untuk di eksploitasi dan di jadikan bahan yang menarik untuk di visualisasikan.  
3.       Human interest, jenis ini lebih menggambarkan interaksi dari kehidupan manusia dalam kesehariannya serta juga ekspresi emosional yang terlihat dari manusia dengan problem kehidupannya, yang mana hal ini bisa membawa ketertarikan tersendiri dan menarik rasa simpati bagi orang yang melihat sekaligus menikmati foto tersebut.
4.       Sport, sudah bisa di tebak jika foto ini merupakan bagian foto manusia yang mengambil aksi menarik yang di anggap spektakuler dalam sebuah peristiwa/acara pertandingan olahraga.
v Foto Nature
       Foto nature adalah foto yang manampilkan sesuatu yang alami , bena-benar alami dan dari alam. Berikut ini merupakan bagian-bagian dari foto nature :
1.       Foto Flora , foto seperti ini merupakan jenis foto yang menampilkan tumbuhan sebagai objek utama , sekalipun di foto bersamaan dengan hewan ataupun manusia tetap yang menjadi pusatnya harus tumbuhan.
2.       Foto Fauna, yang menjadi objek utama nya adalah hewan.  Apapun hewan nya bisa menjadi objek utama , yang jelas tidak boleh sampai terkalahkan oleh bacground yang terambil.
3.       Foto Lanskap, yaitu foto yang mempusatkan kindahan alam yang terbentang menjadi objek utamanya , yang meliputi dari beberapa unsur seperti langit, daratan dan air. Sekalipun disitu ada manusia, hewan ataupun tumbuhan , ita tetap harus mempusatkan objek utama dari foto itu adalah bentangan alam.
v Foto Arsitektur
       Foto arsitektur ini merupakan jenis foto yang yang objek utama nya adalah semacam bangunan , foto arsitektur sendiri dibagi menjadi dua macam berdasarkan fungsinya , yaitu :
1.       Foto Still Life, yaitu foto yang menghasilkan atau membuat gambar benda mati seolah-olah seperti idup , salah satu contohnya seperti action figure.
2.       Foto Jurnalistik, foto yang dihasikan merupakan foto yang mengutamakan kepentingan fungsinya maka dari itu foto jenis ini selalu digunakan untuk kepentingan pers atau kepentingan informasi dalam suatu kegiatan kerja ataupun lainnya .

      Mungkin hanya itu saja yang dapat saya posting untuk kal ini , maaf bila banyak kesalahan dalam pegetikan ataupun isinya, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar