Senin, 09 Mei 2016

Media Penyimpanan



MEDIA PENYIMPANAN
     Media penyimpanan berfungsi untuk merekam atau menyimpa data pada sebuah komputer. Dengan adanya media penyimpanan, data-data yang ada dalam komputer  yang dapat kita gunakan setiap kali kita memerlukan.
a.      Hard Disk 

     Media penyimpanan ini menyatu dengan Hard Disk Drive. Hard disk mempunyai kapasitas yang sangat besar di dalamnya tidak sekedar tersimpan data, melainkan juga dapat menampung seluruh program yang di komputer.
b.      Floppy Disk

     Floppy Disk Drive adalah sala satu media penyimpan yang sudah lama di gunakan. Hanya saja kepopulerannya saat ini mulai menurun di karenakan munculnya media penyimpan yang dapat menyimpan data lebih banyak.
     Floppy Disk Berukuran 51/4 Inchi (Disket Besar) dapat mnyimpan data sebanyak 700 kilo byte.  Sedangkan Floppy Disk berukuran 31/2 Inchi (disket kecil) memiliki kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 mega byte.
c.       CD-R Dan CD-RW


     CDR singkatan dari Compact Disk Recor Duble. Piringan ini umumnya berwarna hijau, tetapi ada juga yang berwarna Biru, merah, maupun hitam. Proses pembuatan nya dengan cara menaruh selembar la[isan dan plastik. Hanya saja lapisan plastik itu belum  di sinari oleh laser. Lalu lapisan plastik itu akan di bungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Lebaran plastik akan di sinari laser pada saat kita hendak merekamnya. Maka dari itu C-R di kenal juga denga nama CD-Blank karena isinya masih kosong.
Saat kita hendak menentukan kualitas dari CD-R adalah kita harus extra saat proses rekaman di lakukan setelah CD terletak dan adanya CD-R yan terjual di pasaran, maka kualitas lembaran di dalam CD-R  ini harus cocok dengan CD Writernya.
    Sedangkan CD-RW adalh singkatan dari Compact Disk Rewritable adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendiri kemudian isinya dapat kita hapus jika di inginya harga CD-RW biasanya harganya lebih mahal dari pada CD-R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar