Minggu, 01 Mei 2016

Sejarah Komputer Generasi Ke-Lima



                       SEJARAH KOMPUTER GENERASI V 

Komputer Generasi V (1980’an-Sekarang)   
 Pada akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara besar-besaran, yang pada tanggal 12 agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, saat itu prosessor yang di pergunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, juga menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. Dengan lahirnya komputer generasi ke-V  ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk membuat perkembangan software di dalamnya. Sampai hingga saat ini Microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.
     Perkembangan berikutnya suatu perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM PC di perkenalkan dan bukan lagi menjadi satu-satunya manufaktor PC-Compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih di kembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang di pelopori atau di rumuskan oleh W.Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software di dunia.
     Pada generasi kelima ini, dengan melakukan pengembangan dengan sesuatu yang di namakan Josephson Junction, teknologi yang di rencanakan akan menggantikan chip yang mampu mempunyai kemampuan memproses triliunnan operasi perdetik, sementara teknologi chip hanya mampu meproses miliaran operasi perdetik. Komputer generasi ke-v ini akan bisa menerjemahkan bahasa manusia, manusia akan dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta disini akan ada penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini di sebut sebagai ‘’ artificial intellgence ‘’, selain itu ini juga berbasis Graphic User Inter Face (GUI), multikomusikasi serta multimedia.
     Macam-macam  komputer yang lahir pada generasi ini berbasis X86, Chip 286 yang di perkenalkan pada tahun 1983 dengan angka 275.000 transistor, sedangkan chp 486di perkenalkan pada tahun 1989 yang mempunyai 1,2 juta transistor. Dan pada tahun 1993 intel memperkenalkan keluarga prosessor 586 yang di sebut pentium 1 dengan jumlah transistor mencapai hingga 3,1 juta untuk melakukan 90 MIPS (Milion Instruction Per Second). Kemudian di lanjutkan pada generasi berikutnya yaitu pentium 2,3 dan 4.
     Dan pada akhit tahun 2000 intel memperkenalkan pentium 4, yang merupakan prosessor terakhir dalam keluarga intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32), tahun 2001 intel juga mengumumkan prosessor itanium yang merupakan prosessor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosessor pertama milik intel dengan intruksi-intruksi 64 bit dan akan meneruskan satu generasi baru dari sisitem operasi dan aplikasi, tapi sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Dan juga perlu kita ketahui bahwa sejak di keluarkannya prosessor 386, komputer mulai beroperasi pada 32 bit persatuan waktu dalam mengeksekusikan suatu informasi hingga pentiu  4. Sampai saat ini kebanyakan komputer yang masih di gunakan adalah yang berbasis 32 bit.
     Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga sekaligus tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus, baik, dan berwarna serta multimedia. Dan yang lebih pentingnya lagi adalah fungsi komputer menjadi lebih pintar, meskipun bisa di katakan ukuran komputer pada saat itu lebih mini dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar