Rabu, 18 Mei 2016

Pengertian kamerawan beserta tugasnya



MENJELASKAN KRITERIA KAMERAWAN

Assalamualiakum Wr. Wb.
  Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang apa itu seorang kamerawan dan apa saja tugasnya, nah sebagai salah satu profesi, menjadi seorang kamerawan adalah hal yang cukup sulit namun menantang dan apalagi jika kita sebelumnya sudah mempunyai hobi memegang dan mengoperasikan kamera , ini bisa menjadi salah satu peluang profesi di masa depan , tentunya bagi yang minat bersugguh-sungguh untuk meraih profesi ini, karena menjadi seorang kamerawan selain menantang kita juga harus sudah di bekali setidaknya setelah niat yang baik harus di imbang dengan talent yang di gali juga di asah terus menerus tentunya. Maka dari itu yuk sebelum mengenal lebih jauh lagi tentang seorang kamerawan ada baiknya kita tahu dulu arti dari seorang kamerawan juga tugasnya , seperti di bawah ini :
·         PENGERTIAN KAMERAWAN
     Kamerawan ialah orang yang memiliki tugas merekam gambar yan bisa berbicara meskipun tanpa adanya sebuah narasi. Dalam operasonal di studio koordinasi bersama produser, pengarah acara atau tim produksi lainnya.  Tanyakan gambar apa yang di inginkan. Jaga kekelompokan kerja bila ada hal-hal yang tidak di inginkan di harapkan di musyawarahkan jangan sampai ada yang terbawa emosi.
     Dalam menjalankan tugasnya seorang kamerawan berfungsi sebagai tangan kanan pengarah acara. Tugas pokoknya ialah membuat gambar-gambar yang memiliki nilai artistik. Dalam suatu produksi acara, kamerawan harus bisa juga mampu menghargai dan menghormati petugas lainnya dalam satu tim tersebut karena hakikatnya semua petugas sama pentingnya. Semua harus bisa bekerja sama dengan sebaik mungkin di bawah pimpinan seorang pengarah acara. Dan juga harus menghargai pengisi acara, intinya adalah  saling menghargai supaya tujuan produksi dapat tercapai dengan hasil yang baik dn memuaskan.
·         TUGAS KAMERAWAN
     Seorang kamerawan sangat mempunyai tugas yang penting dalam suatu produksi acara, diantaranya adalah :
1.       Menangani kerja kamera sehingga menghasilkan gambar yang memenuhi tuntutan artistic sesuai shooting script dan pengarahan dari PD/Pengarah acara.
2.       Mengetahui kontinuitas gambar yang satu dan yang lainnya
3.       Memahami komosisi, ukuran dan gerak dari objek yang di ambil atau di shoot.
4.       Siap di tempat menjelang saat take dan bertanggung jawab atas kamera set-up dankemantapan gambar.
5.       Membantu PD/pengisi acara memberi alasan aau saran yang tepat dalam penempatan kamera, sudut pengambilan serta gerak kamera di lihat dar segi kepentingan artistik.
6.       Bekerja sama dengan lightingman dan soundman untuk mengatur cahaya dan suara untuk mempertahankan kontinuitas mutu gambar dan suara.
7.       Bekerja sama dengan FB/ pengarah lapangan untuk pengambilan gambar yang tidak bertentangan dengan kehendak PD/pengarah acara.
8.       Memahami betul kerja peralatan kamera, merawat dan mengawasi kelengkapan peralatan kamera sebelum maupun sesudah shooting.
9.       Mempunyai kepekaan fotografis, kreatif dan berdedikasi tinggi, tidak buta warna dan penglihatannya baik.
10.   Dapat bekerja sama dengan kerabat kerja, bertindak sopan kepda pengisi acara/artis.

Mungkin sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat ya .
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar